9 Manfaat Minyak Kelapa Murni bagi Tubuh

9 Manfaat Minyak Kelapa Murni bagi Tubuh
9 Manfaat Minyak Kelapa Murni bagi Tubuh

TALAM menyediakan begitu banyak tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan. Salah satunya pohon kelapa, sering disebut sebagai pohon kehidupan karena semua bagiannya dapat dimanfaatkan, terutama buahnya.

Buah kelapa, selain segar untuk dinikmati, juga menghasilkan minyak kelapa yang begitu banyak gunanya demi kebaikan tubuh kita.

Minyak kelapa murni yang biasa disebut sebagai virgin coconut oil (VCO) adalah jenis minyak kelapa yang paling baik.

VCO diproduksi dengan bahan alami yang prosesnya tidak menyertakan bahan tambahan apa pun serta diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali.

Minyak kelapa murni ini pun memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh terutama kandungan asam laurat yang bersifat antibiotik, berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga terlindung dari ancaman penyakit.

Minyak kelapa murni ini sebenarnya bisa buat sendiri di rumah, namun agak merepotkan dan memakan waktu. Caranya, parut kelapa yang sudah berumur dan kondisinya baik.

Ketika santannya sudah terkumpul, rebus santan sambil aduk hingga menjadi minyak, kemudian saring agar air dan minyaknya terpisah. Untuk Anda yang sibuk dan tidak mau repot, VCO dalam kemasan tersedia di mana-mana. 

Apa saja manfaat minyak kelapa murni atau dalam keseharian juga biasa disebut minyak kletik, bagi tubuh kita? 

1. Menjaga kebugaran tubuh

Minyak kelapa murni mengandung asam lemak jenuh berantai sedang yang melancarkan sistem metabolisme tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu terdapat pula kandungan asam kapilarit yang membantu membunuh bakteri berbahaya. Tubuh semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit. 

2. Melindungi kesehatan jantung dan mengontrol kadar gula darah

Kandungan asam laurat yang banyak terdapat dalam minyak kelapa murni membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mengubahnya menjadi kolesterol baik. Jantung pun semakin sehat! Selain itu, keberadaan minyak kelapa juga bisa meningkatkan kinerja insulin sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat dikontrol. 

3. Menyehatkan rambut

Bila rambut Anda kering, kusam, dan tidak sehat, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak kelapa murni ke seluruh bagian rambut Anda dari pangkal hingga ujung rambut dalam penggunaan sehari-hari. Bila ujung rambut Anda bercabang, Anda cukup mengoleskannya di bagian ujung rambut saja. Minyak kelapa sangat baik dalam menutrisi rambut Anda. Minyak kelapa juga bisa Anda jadikan masker untuk melembapkan rambut. Oleskan banyak-banyak ke rambut hingga rambut terlihat berminyak. Diamkan 1 jam sebelum membasuhnya dengan air hangat hingga bersih. Rambut pun bebas kusut.  

4. Menyuburkan rambut

Selain menyehatkan, bisa juga menyuburkan. Bila Anda mengalami kerontokan rambut yang menyebalkan, oleskan minyak kelapa di bagian kulit kepala kemudian pijat-pijat lembut agar aliran darah di kepala semakin lancar dan minyak kelapa murni meresap. Lakukan sesering mungkin sebelum keramas. 

5. Merawat kulit

Minyak kelapa juga berfungsi sebagai pelembap bagi segala jenis kulit, khususnya kulit yang  kering dan kulit yang menua. Gunakan minyak ini agar kulit terlihat lebih sehat dan cantik, karena kandungan lemak dalam minyak kelapa membantu mengurangi keriput, lo! Oleskan ke seluruh tubuh, terutama di bagian-bagian yang kering dan kasar seperti siku, tumit, dan leher. Anda juga bisa menggunakannya sebagai scrub dengan menambahkan gula atau menjadikannya masker wajah dengan menambahkan madu. 

6. Membantu menyembuhkan luka

Minyak kelapa bisa dipakai untuk menyembuhkan luka yang baru. Ketika dioleskan pada luka, minyak kelapa membentuk lapisan kimiawi tipis yang melindungi luka dari debu, bakteri, dan virus. Minyak kelapa juga mempercepat proses penyembuhan luka dengan memperbaiki jaringan yang rusak. 

7. Menghapus kosmetik 

Minyak kelapa adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menghapus riasan wajah, termasuk yang waterproof dan sulit dibersihkan sekalipun. 

8. Memerangi jerawat

Minyak kelapa murni membantu merawat kulit yang berjerawat. Kandungan minyak kelapa memerangi bakteri penyebab jerawat dan membantu menyamarkan bekas jerawat. Tentu saja, hasilnya tidak Anda dapatkan secara instan. Anda harus sabar dan telaten serta rajin mengoleskannya di wajah Anda pada malam hari. 

9. Manfaatnya untuk ibu hamil

Minyak kelapa murni juga bermanfaat untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi minyak kelapa murni saat usia kehamilan menginjak 6 bulan, ibu akan semakin sehat dan persalinan akan lebih lancar. Sebuah penelitian menyatakan, konsumsi minyak kelapa selama trimester ketiga kehamilan telah mengurangi angka kematian janin. Setelah melahirkan, minyak kelapa pun membantu pemulihan stretch marks yang muncul di bagian perut yang membesar saat kehamilan. Oleskan saja sesering mungkin!

 

Post a Comment

0 Comments