Rekening Bersama dan Manfaat Dalam Jual Beli Online

Rekening Bersama dan Manfaat Dalam Jual Beli Online

Rekening Bersama dan Manfaat Dalam Jual Beli Online


 Maraknya penipuan dalam transaksi di jual beli online, menginspirasi kamu untuk menyediakan jasa rekening bersama (rekber), dimana tujuannya adalah memberi keamanan dan kenyamanan transaksi, baik kepada penjual dan kepada pembeli. Bagi Sobat yang senang dalam berbelanja secara online, pasti tidak asing lagi dengan istilah rekber dalam jual beli online.

Rekening bersama merupakan jasa pihak ke tiga yang kebanyakan orang dipakai dalam transaksi jual beli online. Dengan sistem rekber dalam transasi jual beli online, penjual dan pembeli akan saling percaya dan akan memberikan kemudahan dalam transaksi. Di kebanyakan negara, sistem transaksi seperti ini sudah dilakukan dengan istilah Escrow Service (ES) dan di Indonesia lebih dikenal dengan nama rekening bersama.

Apa itu rekber? Sobat pasti sering dengar dalam transaksi jual beli secara online. Pada artikel ini, saya akan membahas apa itu rekber, cara kerja rekber, keuntungan menggunakan rekber, cara memilih rekber yang terpercaya, dan pertanyaan pertanyaan lainya seputar rekber.

Pengertian Rekening Bersama (Rekber)

Rekening Bersama merupakan salah satu jasa pihak ketiga yang sering digunakan dalam transaksi jual beli secara online. Dengan menggunakan sistem rekening bersama, maka transaksi jual beli online akan lebih mudah dan saling mempercayai antara penjual dan pembeli. Tidak sedikit para penjual ketika melapakkan dagangannya selalu bilang “Rekber ready”, “Rekber silakan”, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Kerja Rekening Bersama

Cara kerja sistem rekening bersama yaitu pembeli membayar kepada jasa rekber senilai barang yang akan dibeli, baru setelah itu rekber akan mengonfirmasikan kepada penjual bahwa uang sudah di transfer. Giliran penjual yang mengirim barang kepada pembeli, setelah barang terkirim, penjual harus sesegera mungkin mengonfirmasi kepada rekber bahwa barang telah dikirim. Setelah barang sampai di rumah pembeli, pembeli wajib mengecek kondisi dan kelengkapan barang tersebut. Apabila semuanya sesuai dengan deskripsi, maka pembeli dapat mengonfirmasi kepada rekber bahwa barang sudah diterima dan rekber akan mentransfer uang kepada penjual.

Apakah Sobat sudah paham? jika belum, saya akan menjelaskan dengan step by step cara kerja rekber secata detail.

  • Penjual dan pembeli bersedia menggunakan jasa rekber.
  • Pembeli melakukan pemesanan barang, tetapi tidak dibayar kepada penjual, melainkan kepada rekber terlebih dahulu.
  • Pembeli telah melakukan transfer kepada rekber sebesar nominal harga barang yang telah disepakati.
  • Pembeli melakukan konfirmasi kepada rekber bahwa telah mentransfer uang.
  • Rekber mengonfirmasi kepada penjual bahwa telah menerima uang.
  • Rekber meminta penjual untuk segera mengirim barang pesanan.
  • Penjual mengirim barang pesanan dan memberikan bukti pengiriman kepada rekber.
  • Rekber mengonfirmasi kepada pembeli bahwa barang telah dikirim oleh penjual.
  • Ketika barang sudah diterima pembeli, pembeli wajib mengecek kelengkapan dan kondisi barang.
  • Jika dikira sudah sesuai pesanan, pembeli melakukan konfirmasi kepada rekber bahwa barang telah diterima.
  • Rekber meneruskan uang dari pembeli kepada rekening penjual.
  • Transaksi online telah selesai.

Bagaimana Cara Memilih Rekber yang Terpercaya

Jika Sobat memiliki teman ataupun kenalan yang kebetulan mengenal dengan penjual, Sobat dapat meminta bantuan orang tersebut menjadi rekber. Jika Sobat tidak memiliki kenalan sama sekali, Sobat dapat menanyakan di grup facebook, kaskus maupun di forum online lainnya, siapa rekber yang terpercaya. Biasanya, di forum online langsung merekomendasikan rekber terpercaya yang pernah mereka pakai dalam bertransaksi. Alangkah baiknya jika Sobat menanyakan status rekber tersebut kepada orang yang pernah menyewa jasanya.

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Rekber

Pasti Sobat akan bertanya, keuntungan yang akan didapatkan untuk penjual dan pembeli jika menggunakan jasa rekber. Ketika sebelum melakukan transaksi, pembeli dan penjual harus memilih rekber terpercaya dan disepakati bersama. Biasanya, rekber meminta fee atau komisi, komisi ini juga tergantung rekbernya. Jika barang yang dijual murah, rekber biasanya juga meminta upah sedikit, tapi jika barang berharga atau mahal, biasanya rekber menyesuaikan dengan harga barangnya. Berikut keuntungan menggunakan jasa rekber dalam transaksi jual beli online.

  • Keuntungan pertama adalah keamanan yang terjamin. Terutama keamanan dari pihak pembeli, ini tentu saja akan menghindarkan dari aksi penipuan.
  • Pembeli tidak perlu merasa was-was dan khawatir mengenai kedatangan barang.
  • Pembeli bisa membatalkan jika barang yang diterima ternyata tidak sesuai. Berbeda dengan transaksi langsung dimana proses pembatalan akan lebih sulit dilakukan.
  • Bagi penjual, ketersediaan menggunakan Rekber secara tidak langsung membuat toko online miliknya lebih dipercaya dan mendapat reputasi baik.
  • Selain itu, penggunaan Rekber juga bisa memungkinkan mengenai peningkatan kepercayaaan kepada toko online yang baru memulai.

 

Bagi Sobat yang ingin menyewa jasa rekening bersama kepada saya silakan saja, saya hanya melayani Rekber via transfer bank. 

Post a Comment

0 Comments