Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 HAMA PENYEBAB KERITING DAUN CABE

5 HAMA PENYEBAB KERITING DAUN CABE
5 HAMA PENYEBAB KERITING DAUN CABE

Penyebab Daun Cabe Keriting, Sahabat Tani penyakit keriting merupakan penyakit utama pada tanaman cabe. serangan keriting ini di sebab kan oleh 2 faktor yaitu Serangan Hama Dan Jamur. Berikut ini akan kita bahas hama dan virus penyebab serangan keriting pada cabe :

Trips

Penyebab pertama yang paling banyak menjadikan daun cabe keriting adalah serangan hama trhips. Trips memiliki ukuran yang sangat kecil dan sulit untuk di lihat dengan kasat mata. 
Panjang tubuhnya antara 1 -1,2 mm, dengan warna putih dan hijau kala muda dan berubah menjadi hitam kala dewasa. 
Hama trips dapat berkembang sangat cepat pada musi panas.dengan kemampuan pergerakan yang angat cepat trips sangat cepat merambah ke sieluruh tanaman cabe kita. 
Trips menyerang tanaman dengan cara menghisap, dan biasanya menjadikan daun cabe kita berkerut keatas dan mengulung dan akhirnya menjadi keriting.

Tungau

Serangan tungau juga merupakan penyebab utama yang  menjadikan daun cabe keriting. Hama tungau juga memiliki ukuran yang sangat keci, dan biasanya berada di bawah daun atau pelepah daun. 
pada musim kemarau hama tungau sangat cepat berkembang biak. Pada suhu tinggi telur tungau dapat menetas dalam kurun waktu 3 ahri dan berkembang menjadi tungau dewasa selama 5 hari.

Kutu Daun (Aphid)

Kutu daun atau aphid menrupakan penyebab paling signifikan terhadap keriting daun pada cabe kita. 
Karena serangan aphid ini yang bisa membawa hama-hama penyebab keriting daun lainnya. Kutu daun memilikiukuran yang sedikit besar dan dapat dilihat dengan mudah. 
Kutu daun biasanya berada di bawah daun/ pelepah daun dan batang. 
Serangan kutu daun hampir sama dengan trips dan tungau dengan menghisap cairan pada daun tanaman cabe kita.

CMV (Cucumber Mosaic Virus)

Cmv adalah serangan virus yang sangat berbahaya dan sulit untuk di obati.
Serangan virus ini menjadikan tanaman cabe kita rusak dan keriting karena serangan dapat merusak sistem jaringan pada tanaman cabe. serangan ini biasanya di bawa oleh kutu daun trips dan tungau yang menytikan virus ini kedalam tanaman cabe kita. 
Untukk gejala serangan virus CMV ini hampir mirip dengan Serangan Jamur Pada Cabe.

Gemini

Gemini juga merupakan penyebab utama menjadikan tanaman kita menjadi keriting daun. 
Serangan virus ini sangat sulit untuk diobati. Virus gemini di sebakan oleh vektor kutu daun, trips dan tungau yang memasukan virus ini ke dalam jaringan tanaman melaui hisapan.

Post a Comment for "5 HAMA PENYEBAB KERITING DAUN CABE"

Berlangganan via Email